KONSEP-KONSEP DASAR TEKNOLOGI DAN IPA

Sekarang IPA dan Teknologi tidak lagi berdiri sendiri. Sains atau IPA dan Teknologi selalu saling menunjang sehingga dapat maju dengan pesat.Berikut ini adalah uraian singkat konsep-konsep dasar teknologi IPA dalam memenuhi kebutuhan manusia yaitu:

1.      
Materi
Yakni apa saja yang mempunyai massa dan menempati ruang.Contohnya meja,kursi,awan,gunung dan sebagainya.Materi ini jg dapat berwujud padat,cair dan gas.
Seperti telah dikemukakan bahwa manusia dalam hidup ini memerlukan materi yang mana materi ini berupa benda-benda yang kita pakai sehari-hari dan benda-benda tersebut merupakan hasil olahan dari pada ternologi.Misalnya materi zat besi dapat menjadi kendaraan ataupun benda yang lainnya.

2.      
Energi
Yakni sesuatu yang dapat memindahkan materi dari suatu tempat ka tempat yang lain.
Dalam kehidupan manusia modern penggunaan energi semakin luas kecuali di dalam industry dan transportasi juga menyangkut dalam rumah tangga yang dimulai dari kompor sampai penggunaan energi listrik untuk AC(Air Condition).
Energi ini mempunyai bermacam-macam bentuk yaitu:
a.Energi Mekanik
      Merupakan jumlah dari energy potensial dan energy kinetic. Setiap benda mempunyai berat,maka baik dalam keadaan atau bergerak setiap benda memiliki energy.Misalnya energy yang tersimpan dalam suatu benda yang diam(tidak aktif) disebut energy potensial, sedangkan bila benda tersebut jatuh(aktif) jatuhnya benda tersebut disebut energy kinetic (energy gerak).
b. Energi Panas
      Energi panas sering disebut energy kalor. Pemberian panas pada suatu benda dapat menyebabkan kenaikan suhu suatu benda atau mengubah bentuk,ukuran atau volume suatu benda. Energi dalam bentuk panas dapat berubah menjadi energy bentuk lain yakni menjadi energy mekanik. Perubahan itu terjadi dengan jalan mengubah air menjadi uap air.
c. Energi Magnetik
      Energi magnetik timbul bila kutub dua batang magnet didekatkan. Kemampuan kutub untuk menggerakkan (tolak menolak atau tarik menarik) inilah yang disebut energy magnetik.
d. Energi Listrik
      Energi listrik sangat penting bagi kehidupan manusia. Energi listrik dapat diambil melalui berbagai cara antara lain:
1.Pembangkit Listrik Tenaga Air(PLTA)
Yang pada prinsipnya dimana energy potensial dari air danau diubah menjadi energi kinetik seperti air terjun, kemudian diubah menjadi energi listrik melalui turbin yang menggerakkan generator.
2.Pembangkit Listrik Tenaga Diesel(PLTD)
Pada prinsipnya pembangkit listrik tenaga diesel ini sama dengan pembangkit listrik tenaga air,yaitu dangan cara menggerakkan generator pembangkit listrik. Dalam pembangkit listrik tenaga diesel, rotor dari generator digerakkan oleh mesin diesel.
Mesin diesel dipilih sebagai salah satu alternative karena dapat ditempatkan sesuai dengan kebutuhan, sedangkan bahan bakarnya solar yang harganya lebih murah daripada premium.
3.Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir(PLTN)
Prinsipnya adalah reaksi nuklir menghasilkan panas. Energi panas ini diubah menjadi energy mekanik melalui penguapan air. Turbin uap berputar menggerakkan generator listrik.
Jadi energi nuklir tiadak langsung diubah menjadi energi listrik, tetapi diubah menjadi energi panas, kemudian diubah menjadi energi uap.
e. Energi Kimia
      Energi yang diperoleh melalui suatu proses kimia. Misalnya,manusia dapat memperoleh energi dari perubahan makanan yang di konsumsinya.
Energi kimia dapat berubah menjadi energi listrik atau berubah menjadi energi cahaya atau menjadi energi panas. Energi kimia yang berasal dari batu baterai kita alirkan bola lampu maka terbentuklah energi cahaya. Energi kimia dapat berubah menjadi energi panas dan cahaya misalnya pada ledakan petasan.
f. Energi Bunyi
      Energi bunyi dapat diartikan sebagai getaran. Misalnya, ledakan suatu bom menimbulkan getaran yang hebat menyebabkan robohnya bangunan atau memecahkan kaca.
g. Energi Nuklir
      Berasal dari fisi atau fusi inti atom mempunyai beberapa sifat yang dapat dimanfaatkan manusia dan dapat membinasakan, karena adanya sinyal radioaktif yang digunakan. Tetapi perkembangan penggunaan nuklir ini akhirnya akan tergantung pada ketersediaan uranium di alam.
Dalam Kehidupan sehari-hari beberapa bidang ilmu yang memanfaatkan nuklir untuk kepentingan hidup manusia antara lain berhubungan dengan:
1.      Pengaruh Radiasi Pada Makhluk Hidup
Sinar-sinar yang timbul dari zat radioaktif misalnya sinar gamma.Sinar gamma dapat mengakibatkan kematian. Sifat dapat mematikan dari sinar radioaktif dapat digunakan untuk pemberantasan hama, misalnya serangga yang merusak kopi dalam gudang, bahan-bahan dari kayu, bahan makanan, dan sebagainya.
Sinar juga dapat menghambat pertumbuhan dan pertunasan sehingga dapat digunakan untuk menyimpan kentang di dalam gudang. Perubahan sifat-sifat genetika,sifat-sifat makhluk hidup terdapat dalam kromoson atau gen yang terdapat dalam Intisar. Sinar radioaktif memiliki sifat mengubah atau memutasi gen. Hal tersebut dapat dimanfaatkan dalam mencari bibit unggul,misalnya pada padi.
2.      Teknik Nuklir Untuk Tanaman Padi dan Tanaman Lainnya.
Dengan menggunakan sifat sinar gamma yang mampu mengadakan mutasi gen dari biji-bijian dapat dicari muatan yaitu variasi hasil mutasi gen yang menguntungkan bagi manusia. Contohnya padi yang umumnya lebih pendek buahnya lebih banyak, tahan terhadap hama dan sebagainya. Dapat juga dicari muatan yang tahan lama terhadap kekeringan dengan tujuan untuk mendapatkan tanaman yang tahan ditanam pada tanah kering.
 
 
 
3.      Teknik Nuklir Industri
Radiasi sinar radioaktif dapat dipergunakan untuk hal-hal berikut:
a.Industri Kayu
Mutu kayu dapat ditingkatkan dengan jalan merendam ke dalam cairan bahan organik  monomer (bahan plastik). Bahan ini bila terkena radiasi akan menjadi keras. Maka kayu menjadi jauh lebih keras dan sangat tahan terhadap cuaca dan tahan terhadap serangga.
b. Serat Tekstil
Serat-serat atau benang tekstil baik dari bahan alamiah misalnya kapas maupun serat sintesis yang dapat diubah sifatnya sehingga lebih baik kualitasnya.
c. Industri Kulit
Kulit yang banyak dipakai dalam industri tas , sepatu,dan lain-lain melalui proses radiasi ternyata dapat ditingkatkan mutunya tetapi perlu kecermatan karena dosis yang telalu tinggi dapat menimbulkan kerusakan kulit.
d. Industri Pengawetan Makanan
Pengawetan makanan dapat dilakukan dengan cara membunuh kuman-kuman pembusuk melalui radiasi. Contohnya bahan-bahan makanan yang diawetkan dengan cara tersebut adalah beras, kentang, gandum, daging,dll.
4.      Teknik Nuklir Untuk Kesehatan
Pada bidang kesehatan, nuklir digunakan untuk mengadakan diagnosis suatu penyakit dalam. Penggunaa cara-cara yang biasa digunakan misalnya sinar X. Penggunaan zat radioaktif memberikan informasi yang lebih memuaskan daripada menggunakan Sinar X. Contoh penggunaan radioaktif adalah untuk untuk menentukan lokasi tunor atau kanker,kelainan paru-paru,kelainan kelenjer gondok kelainan ginjal, dan sebagainya.
5.      Teknik nuklir dalam industry Radiografi
Foto rontgen pada tulang yang patah atau paru-paru yang sakit merupakan contoh gambar hasil radiografi tulang atau paru-paru dengan menggunakan sinar X dan lain sebagainya.
3.      Mesin – Mesin
Dalam industri dan transportasi digunakan berbagai mesin, dan mesin itu dapat dibedakan sehubungan dengan pemakaian bahan bakar atau energi yang dipakai.
a.Mesin Bakar
Mesin ini terdiri dari silinder, roda-roda penerus lengan, busi,dll
b. Mesin Diesel
Hampir serupa dengan bahan bakar.Bedanya pada mesin diesel tidak digunakan busi sebagai api pembakar.
c. Mesin Jet
Mesin jet adalah sebuah jenis mesin pembakaran dalam menghirup udara yang sering digunakan dalam pesawat. Yang termasuk mesin jet antara lain turbojet,rocket,dll.
 
4.      Komunikasi
Berkomunikasi merupakan slah satu kebutuhan manusia. Untukl itu ilmu alamiah dengan teknologinya telah menyumbangkan kepada kita semua media cetak,telegrafi, telephone, radio dan televisi.
a.Percetakan
Yaitu sebagai alat yang menghasilkan media komunikasi antar manusia yang mempunyai arti sangat penting.contohnya seperti koran,majalah,buku,dll.
b. Telegraf
yaitu alat yang membuat orang dapat berkomunikasi jarak jauh sehingga ratusan ribu kilometer hanya dalam waktu beberapa menit saja.
c. Telephone
Keunggulan telephone yaitu orang dapat berbicara langsung dan menerima pembicaraan atau jawaban sebagaimana layaknya orang berbicara satu dengan yang lainnya.
d.Radio
Radio dapat mengirimkan dan menerima pesan-pesan tanpa menggunakan kawat. Pesan-pesan itu di pancarkan melalui pesawat pemancar ke udara.
e.  Televisi
Dengan televisi orang dapat mengirimkan dan menerima pesan berita dengan kesan yang lengkap (gambar hidup berwarna dan bersuara). Selain itu juga dengan televisi orang dapat memperoleh hiburan yang bermutu,terkontrol serta meningkatkan kualitas dan kuantitas pendidikan dan penerangan. Dengan satelit Palapa siaran televisi dapat menjangkau hampir seluruh tanah air kita.
 
5.      Komputer
Komputer merupakan hasil pengembangan lebih lanjut dari perkembangan listrik(elektronika). Dari komputer manusia dapat mengembangkan alat lain seperti:
a.       Telepon Ensiklopedia
b.      Robot Pelayanan Rumah Tangga
c.       Komputer Simulasi,dll
 
6.      Bioteknologi
Dalam rangka memenuhi dan meningkatkan mutu kebutuhan hidup, manusia  memanfaatkan biologi terapan yang digabungkan dengan teknologi modern yang dikenal dengan sebutan bioteknologi.
Dalam perkembangan lebih lanjut lahirlah cabang ilmu bioteknologi antara lain:
a.       Bioteknologi Kedokteran
b.      Bioteknologi Farmasi
c.       Bioteknologi Pertanian dan
d.      Bioteknologi Peternakan
Aside | This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s